IT COMPUTER SOLUTION

Tidak ada kata"TIDAK BISA" Selagi kita mau mencoba

Tips merawat gitar kesayanganmu

Posted by ComputerSolution on 7 June 2012

 

Simpan gitarmu dengan baik, tidak ada yang tahu kan kalau suatu saat gitar butut’mu itu jadi mahal banget, bisa buat beli rumah mungkin??? Liat aja harga gitar fender di tahun tahun awalnya… bikin geleng-geleng kepala.

Selain untuk jangka panjang, menyimpan gitar dengan cara yang baik dan tempat yang baik, akan berdampak juga untuk jangka pendek, misalnya:
– Senar lebih awet
– Hardware kinclong selalu
– Kondisi prima selalu
– etc,etc..

Gitar itu terbuat dari kayu, dan kayu itu sangat responsif sekali terhadap suhu dan udara di sekitarnya.. jadi perhatikan hal ini di ruangan tempat anda menyimpan gitar. Apalagi kalau gitar anda bukan sekedar gitar ratusan ribu saja..

Biasanya setiap perusahaan produsen gitar selalu memberitahukan suhu dan humid (lembab) yang ideal untuk menjaga gitar gitar mereka tetap pada performa terbaiknya. Semuanya tidak ada yang sama, tapi mirip mirip. Jadi kalau kita ambil kasarnya, kira-kira idealnya suhu antara 18 – 27 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban udara antara 45 – 55%.
Mengapa demikian? Karena selain kondisi tersebut cukup menengah (tidak terlalu rendah atau tinggi), Itu adalah tingkat suhu dan kelembaban yang diciptakan di ruangan produksi pabrik gitar tersebut. Kayu mereka telah disimpan bertahun tahun dalam kondisi tersebut, dipotong dan dibentuk dalam kondisi tersebut. Intinya, gitar merek A akan telah disetting maksimal dalam kondisi pabrik A.
Apa yang terjadi saat mereka keluar dari kondisi pabrik? misalnya dalam kontainer pengiriman, atau toko gitar yang tidak perduli akan kondisi ruangannya??
YAK! seperti yang anda duga… gitar gitar itu akan terasa tidak enak dimainkan. Entah necknya sedikit bengkok, atau menciut, atau sebaliknya.
Percaya atau tidak, gitar-gitar ini akan kembali ke kondisi maksimalnya, jika dikembalikan ke ruangan “yang mereka suka”, dengan suhu dan humid yang sama dengan tempat dimana mereka dilahirkan!

Apa Yang Terjadi Jika Suhu & Humid Diatas Batas

Kondisi seperti ini sering terjadi di musim panas, dimana suhu naik dan semuanya menjadi lembab. Maka gitar akan menyerap terlalu banyak unsur air dari udara, dan kondisi gitar menjadi terlalu “basah”.
Apa yang terjadi biasanya adalah:

  1. Neck melengkung cekung
  2. Action senar menjadi lebih tinggi
  3. Body bagian bridge akan menjadi cembung melendung (akustik)
  4. Terlalu parah bisa menyebabkan retak
  5. Senar & Hardware lebih mudah berkarat
  6. Senar berkarat membuat fret lebih mudah terkikis
  7. dan sebagainya..

Agak sayang ya, kalau gitar kita harus mengalami hal hal diatas.

Apa Yang Terjadi Jika Suhu & Humid Dibawah Batas

Kondisi seperti ini sering terjadi di musim dingin, dimana suhu turun dan semuanya menjadi kering. Maka kondisi gitar  menjadi terlalu “kering”.
Apa yang terjadi biasanya adalah:

  1. Neck melengkung cembung
  2. Fret buzz dimana mana
  3. Body bagian bridge akan menjadi cekung (akustik)
  4. Neck menyusut, menyebabkan besi fret sedikit menonjol dan terasa sakit di tangan
  5. Terlalu parah bisa menyebabkan retak
  6. dan sebagainya

Sedih juga ya, kalau gitar kita harus mengalami hal seperti diatas.

Bagaimana Di Indonesia

Mari kita merasa beruntung sejenak, karena Indonesia ini tidak punya musim dingin, jadi kita hanya perlu mengatasi 1 masalah saja, yaitu : jangan sampai gitarnya terlalu “wet”.
Coba bayangkan negara-negara dengan 4 musim, sengsara sekali.
Suatu hari saya mampir ke toko gitar di Sydney pada musim dingin, dan di toko itu banyak sekali dinyalakan pemanas dan alat alat uap humidifier. Mereka sangat menjaga gitar-gitarnya pada kondisi prima. Sejak saat itu saya pun memutuskan untuk lebih maksimal dalam menjaga gitar-gitar saya, karena belinya nggak murah juga, sayang kan kalau sampai rusak.

Caranya Bagaimana

Sebenarnya mungkin banyak caranya, disini saya coba membagikan apa yang saya lakukan terhadap gitar gitar saya, supaya tetap prima seperti minum kukubima ginseng setiap hari.

  1. Beli Termometer (suhu) & Hygrometer (lembab) Ruangan, dan taruh di tempat kamu menyimpan gitar. Jangan beli yang murahan ya, nggak akurat. Beli di tempat biasanya rumah sakit membeli. Tidak mahal kok, gitar-gitarmu itu jauh lebih mahal.
  2. Untuk Indonesia yang suhu terlalu tinggi, solusi paling gampang jelas adalah AC. tapi masa iya harus nyalain AC terus. Tidak perlu lah, yang penting ruangan itu punya siklus udara yang baik, dan jangan kena sinar matahari secara langsung. Yang adem adem aja.
  3. Untuk Indonesia yang udara terlalu lembab, solusi paling gampang dan murah adalah pergi ke carrefour dan beli Serap Air. Harganya paling cuma 9000 perak. Saya nyetok banyak di lemari.
    Ruangan yang tidak lembab juga lebih enak untuk ditinggali, anda lebih nyaman, gitar juga nyaman.
  4. Sebisa mungkin ditaruh didalam hardcase. Selain menghindari benturan, hardcase juga bisa sebagai ruang isolasi suhu dan kelembaban. Agar tidak terlalu lembab didalam hardcase, bisa masukan beberapa silica gel kedalamnya, jangan terlalu banyak ya.
  5. Bersihkan senar dengan bahan kaos / kolor, sebelum main dan setelah main.
    Gunanya adalah untuk mencegah senar karatan. Karena senar yang berkarat itu akan menularkan karatnya ke hardware lain, dan mengkikis fret gitar lebih cepat.
  6. Bersihkan tempat-tempat yang terkena keringat dan minyak dari tangan anda dengan bahan kaos / kolor.
  7. Ada yang berpendapat, jika tidak dimainkan senar harus dikendurkan / dilepas. Saya sendiri tidak pernah melakukan ini. Semua gitar saya terpasang senarnya dengan tuning standard meskipun tidak dimainkan setahun. Pastikan ruangan tempat anda menyimpannya itu baik.

Saya akan menutup tulisan kali ini dengan beberapa tips yang berguna buat gitar kalian, dan akan membuat kalian repot sedikit.. But what can i say… we are all in fact guitar geeks, right?

TIPS PERTAMA:
Jika anda membeli gitar baru, bawalah dia ke ruangan tempat dimana dia akan tinggal. Biarkan saja disitu selama 2 minggu, sampai gitar itu berubah dan menyesuaikan diri dengan kondisi barunya.
Jika gitar dan ruangan sudah sama sama suka, dan memutuskan untuk menikah, barulah kita melakukan setup pada gitarnya seperti : setting truss rod, action senar, dsb.
Dijamin dia tidak akan berubah lagi, dan gitarmu akan enak sepanjang masa.

TIPS KEDUA:
Gitar merek apa yang anda punya? pergilah ke website produsen tersebut, cari tahu suhu dan kelembaban yang dianjurkan oleh mereka. Jika tidak dicantumkan, kirimi email saja!

TIPS KETIGA:
Gitar akustik jauh lebih rewel dibandingkan gitar elektrik. Menderitalah kalian yang suka koleksi gitar akustik seperti saya ini. Karena kayunya lebih tipis dan rentan terhadap suhu udara.
Perhatikan gitar akustik kalian lebih daripada gitar elektrik, karena mereka lebih rewel.

TIPS KEEMPAT:
Jangan pernah meninggalkan gitar kalian didalam mobil. Sekali lagi diulang ya, JANGAN PERNAH MENINGGALKAN GITAR KALIAN DIDALAM MOBIL.
Kalian tahu kan rasanya masuk mobil yang habis dijemur matahari?? Seperti masuk ke microwave..
Selain itu, gitar kalian juga ikut hilang kalau mobilnya dicolong maling, hehe..

TIPS KELIMA:
Kalau harus bermain dibawah terik matahari, pastikan jangan lama lama.
Apalagi gitarnya ditinggal di panggung setelah sound check, dan dibiarin berjemur kaya cewe cewe bule di pantai bali. Dijamin Mateng!

TIPS KEENAM:
Kalau mau taruh gitar, sebaiknya jangan disenderin ke tembok atau sofa, atau ditidurin di lantai.. Beli dong stand gitar untuk gitar kesayangan anda. Dan belinya jangan yang jelek ya, kalo jatuh nanti nangis sendiri. Beli yang modelnya nahan di headstock, dan gitarnya seperti melayang dan tidak mendapat tekanan berlebih di sisi manapun (susah gue jelasinnya, kalian tahu lah)

TIPS KETUJUH:
Sayangilah wanita anda, karena kalau dia mulai cemburu, dia mulai rewel kalau anda lebih perhatiin gitar gitar itu daripada perhatiin dia… hehe..
Saya jamin gitar-gitar anda akan rusak.. Sebaik apapun anda menjaganya, dan ujungnya nanti anda malah jadi musisi gila yang kehilangan gitar-gitar dan wanitanya. haha..

Selamat Mencoba

https://www.facebook.com

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: